Kriteria Penyusunan Perencanaan
Pembelajaran
- · Signifikansi
Nilai signifikansi
artinya bahwa perencanaan pembelajaran hendaknya bermakna agar proses pembelajaran
efektif dan efesien
- · Relevan
Bahwa perencanaan
disusun memiliki nilai kesesuaian baik internal(kurikulum) maupun eksternal
(siswa)
- · Adaptabilitas
Sebaiknya perencanaaan
disusun untuk dapat di implementasikan dalam berbagai keadaan dan kondisi dan dapat
digunakan setiap oarang
- · Kesederhanaan
Artinya mudah
diterjemahkan dan diimplementasikan
- · Prediktif
Harus memiliki daya
ramal yang kuat artinya dapat menggambarkan apa yang akan terjadi
Langkah-Langkah Penyusunan Perencanaan
Pembelajaran
·
- Merumuskan tujuan pembelajaran
Mengapa guru harus
merumuskan tujuan khusus karena tujuan umum dirumuskan oleh pengembang
kurikulum.
Tujuan khusus/spesifik
dirumuskan sebagai indicator hasil belajar.
Rumusan tujuan harus
mencakup aspek domain kognitif,afektif dan psikomotorik sesuai teori bloom atau
teori anderson
- · Pengalaman belajar
Memilih pengalaman
belajar yang harus dilakukan siswa disesuaikan dengan tujuan pembelajar. Walaupun
tujuan pembelajaran hanya sebatas memahami data/fakta sebaiknya hal itu tidak
hanya diberikan guru tetapi siswa didorong untuk mencari dan menemukan sendiri fakta
tersebut
- · Kegiatan belajar mengajar
Kbm yang sesuai
pada dasarnya dapat dirancang melalui pendekatan individu maupun kelompok
- · Bahan dan alat
Penetuan alat dan
bahan dapat memperhatikan hal sbb
ü Keberagaman kemampuan siswa
ü Jumlah tujuan khusus yang harus dicapai
ü Berbagai alternative pengalaman belajar untuk
mencapai tujuan
ü Bahan dan alat yang dapat dimanfaatkan
ü Fasilitas fisik yang tersedia
Evaluasi
Melalui evaluasi dapat
dilihat keberhasilan pengelolaan pembelajaran dan keberhasilan siswa mencapai
tujuan pembelajaran.
Suharsimi Arikunto
mengemukakan bahwa penilaian dilakukan bertujuan untuk:
a. Merangsang
aktivitas siswa;
b. Menemukan
penyebab kemajuan atau kegagalan siswa, guru, maupun proses pembelajaran itu
sendiri;
c. Memberi
bimbingan yang sesuai kepada setiap siswa;
d. Memberi
laporan tentang kemajuan atau perkembangan siswa kepada orangtua dan lembaga
pendidikan terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar