HAKIKAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN (1)
Perencanaan pembelajaran ialah rencana guru mengajar mata pelajaran
tertertentu,pada jenjang dan kelas tertentu,untuk topic tertentu dan untuk satu
pertemuan atau lebih
Ø Konsep perencanaan pembelajaran
Perencanaan pembelajaran aadalah proses pengambilan
keputusan hasil berpikir rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran
tertentu yakni perubahan prilaku serta rangkaian kegiatan yang harus
dilaksanakan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut dengan memanfaatkan
segala potensi dan sumber belajar yang ada.
( Leo Agung Dan Sri Wahyuni;2013)
Ø Mengapa perencanaan pembelajaran penting?
·
Pembelajaran
adalah proses yang bertujuan
·
Pembelajaran
adalah proses kerjasama
·
Proses yang
kompleks
·
Proses
pembelajaran akan efektif pabila memanfaatkan berbagai sumber belajar
Ø Manfaat perencanaan
·
Melalui proses
perencanaan yang matang akan terhindar keberhasilan yang untung-untungan
·
Sebagai alat
untuk memecahkan masalah
·
Untuk
memanfaatkan berbagai sumber belajar secara tepat
·
Perencanaan
akan dapat membuat pembelajaran berlangsung sistematis( Leo Agung Dan Sri
Wahyuni;2013)
·
Sebagi petunjuk
arah kegiatan, baik guru maupun siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran
·
Sebagai pola
dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam
kegiatan
·
Sebagai pedoman
kerja bagi setiap unsur bauik guru maupun murid
·
Sebagai alat
ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan sehingga setiap saa diketahui ketepatan
dan kelambatan kerjanya
·
Untuk bahan
penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja
·
Untuk menghemat
waktu,tenaga ,alat-alat dan biaya.(majid;2003)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar