Rabu, 16 Maret 2016

HAKIKAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN (1)




HAKIKAT PERENCANAAN PEMBELAJARAN (1)

Perencanaan pembelajaran ialah  rencana guru mengajar mata pelajaran tertertentu,pada jenjang dan kelas tertentu,untuk topic tertentu dan untuk satu pertemuan atau lebih

Ø  Konsep perencanaan pembelajaran


Perencanaan pembelajaran aadalah proses pengambilan keputusan hasil berpikir rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu yakni perubahan prilaku serta rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber belajar yang ada.  ( Leo Agung Dan Sri Wahyuni;2013)


Ø  Mengapa perencanaan pembelajaran penting?


·         Pembelajaran adalah proses yang bertujuan


·         Pembelajaran adalah proses kerjasama


·         Proses yang kompleks


·         Proses pembelajaran akan efektif pabila memanfaatkan berbagai sumber belajar


 


Ø  Manfaat perencanaan


·         Melalui proses perencanaan yang matang akan terhindar keberhasilan yang untung-untungan


·         Sebagai alat untuk memecahkan masalah


·         Untuk memanfaatkan berbagai sumber belajar secara tepat


·         Perencanaan akan dapat membuat pembelajaran berlangsung sistematis( Leo Agung Dan Sri Wahyuni;2013)


·         Sebagi petunjuk arah kegiatan, baik guru maupun siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran


·         Sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terlibat dalam kegiatan


·         Sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur bauik guru maupun murid


·         Sebagai alat ukur efektif tidaknya suatu pekerjaan sehingga setiap saa diketahui ketepatan dan kelambatan kerjanya


·         Untuk bahan penyusunan data agar terjadi keseimbangan kerja


·         Untuk menghemat waktu,tenaga ,alat-alat dan biaya.(majid;2003)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar